Fokus Melakukan Transformasi di Aspek Kualitas Layanan dan Keberlanjutan, Pendapatan RANC Tumbuh 2,49% dan Meraih Keuangan Positif di Tahun 2024
Jakarta, 4 Juni 2025, Petajurnalis.co.id – Sebagai perusahaan ritel premium dan modern, PT Supra Boga Lestari Tbk (“RANC”) terus melakukan transformasi di berbagai aspek yang berfokus pada peningkatan kualitas layanan dan keberlanjutan sebagai langkah untuk mencapai pertumbuhan yang lebih stabil dan terarah di sepanjang tahun. Hal ini dibahas dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Paparan Publik hari ini di Farmers Market Pondok Kopi, Jakarta Timur.
Menutup tahun 2024, RANC berhasil membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 2,87 triliun, atau setara dengan 94% dari target yang ditetapkan, serta mengalami pertumbuhan sebesar 2,49% dibandingkan tahun sebelumnya. RANC juga mencatatkan kenaikan laba bruto dari Rp661,06 miliar pada tahun 2023 menjadi Rp 706,02 miliar pada tahun 2024. Di sisi lain, total ekuitas mengalami pertumbuhan sebesar 7,64% menjadi Rp 322,06 miliar. Sementara itu, total aset RANC tercatat sebesar Rp 1,20 triliun, menurun 4,02% dibandingkan tahun 2023. Total liabilitas juga mengalami penurunan sebesar 7,70%, menjadi Rp 875,05 miliar.
- Iklan Google -
“Pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami sedikit perlambatan pada tahun 2024, yang berdampak pada perubahan pola konsumsi masyarakat dalam membelanjakan pendapatannya. Kondisi ini turut mempengaruhi daya beli konsumen yang semakin mengarah pada kualitas, kenyamanan, serta pengalaman belanja yang lebih personal di sektor ritel secara umum, sehingga memberikan dampak terhadap kondisi perusahaan. Merespons tantangan tersebut, kami mengambil langkah-langkah adaptif melalui penyesuaian strategi yang mencakup aspek operasional, teknologi, pemasaran, serta penguatan sinergi antar divisi,” ujar Johartono Susilo, Direktur Utama PT Supra Boga Lestari Tbk.
Kinerja keuangan perusahaan yang positif ini turut mendorong peningkatan laba tahun berjalan secara signifikan menjadi Rp 26,7 miliar, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencatatkan kerugian tahun berjalan hingga Rp 121,04 miliar. Pembukuan laba tahun berjalan ini utamanya disebabkan oleh keuntungan divestasi pada anak perusahaan. RANC telah menyelesaikan proses divestasi atas PT Mars Multi Mandiri dan melakukan pelunasan pinjaman bank. Langkah strategis ini diambil guna memperkuat arus kas dan memperbaiki posisi keuangan perusahaan secara keseluruhan.
Di tahun 2024, RANC fokus untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperkuat fondasi bisnis agar lebih solid, serta terus menjawab berbagai
tantangan yang dihadapi perusahaan dengan terus menghadirkan produk segar berkualitas terbaik, mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi. mengikuti perkembangan teknologi, serta merespons perubahan gaya hidup masyarakat.
Untuk memastikan perusahaan tetap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus mempertahankan posisinya di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif, RANC berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menghadirkan produk dan layanan yang memenuhi harapan pelanggan serta terus memperkuat kemitraan dengan brand-brand baru dan melakukan kegiatan pemasaran yang terkoordinasi secara bulanan bersama brand tersebut melalui pendekatan yang menyenangkan dan unik, diantaranya dengan meluncurkan “Unified Membership Blibli Tiket (UNM)” dan Ranch Market Diverse Community.
Di sisi operasional, RANC menutup 5 toko yang terdiri dari 1 Ranch Market dan 4 Farmers Market, sehingga per 31 Desember 2024 RANC telah mengoperasikan 60 toko. Langkah ini merupakan bentuk dari fokus pembenahan dan pengevaluasian toko-toko yang dinilai tidak sejalan dengan implementasi strategi perusahaan. Berkurangnya jumlah toko berdampak pada penyusutan biaya sewa, biaya overhead, dan biaya operasional lainnya, serta terdapat efisiensi energi yang menekan biaya listrik.
“Dengan fondasi yang kuat serta komitmen terhadap inovasi dalam menghadirkan produk dan layanan yang memenuhi harapan pelanggan serta keberlanjutan, kami optimis dapat terus bertumbuh dan berkembang, serta mengambil peran yang lebih signifikan dalam industri ritel premium dan modern di Indonesia pada tahun 2025 dan tahun-tahun mendatang” tutup Johartono.
Sekilas PT Supra Boga Lestari Tbk
PT Supra Boga Lestari Tok merupakan perusahaan yang bergerak di industri perdagangan ritel premium dan modern, dalam kategori Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Didirikan pada 28 Mei 1997, PT Supra Boga Lestari Tbk telah memiliki sebanyak 60 toko yang terdiri dari 5 merek supermarket, yaitu Ranch Market, Farmers Market, The Gourmet by Ranch Market, Day2Day by Farmers Market, dan Pasarina by Ranch Market yang tersebar di seluruh Indonesia.
Untuk informasi lebih lanjut dapat hubungi:
PT Supra Boga Lestari Tbk
Corporate Secretary
Email: corp sec@ranchmarket.co.id
(*Red Triwahyudi)